Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Çaka 1935

Aku mau ngucapin Selamat Hari Raya Nyepi yah buat semua Umat Hindu yang merayakan. Oke gapapa telat yah daripada ngga sama sekali hehe.  Udah pada tau Hari Raya Nyepinya Umat Hindu? Nah klo belum, ini nih aku kasih sedikit ulasan tentang Hari Raya Nyepi. Jadi, Hari Raya Nyepi ini dirayakan setiap tahunnya oleh Umat Hindu. Hari Nyepi ini jatuh pada pinanggal apisan sasih kedasa (tanggal 1 bulan ke-10). Hari Raya Nyepi ini dilaksanakan dengan berbagai rentetan upacara dari hari-hari sebelumnya. Rentetan upacaranya yaitu Melasti dan Pengrupukan. Melasti ini bertujuan untuk menyucikan semua alat dan sarana persembahyangan dengan diarak menuju sumber mata air suci seperti Laut, danau atau sungai. Sedangkan pada Pengrupukan, Umat Hindu melaksanakan upcara Bhuta Yadnya di segala tingkatan masyarakat.
Perayaan Nyepi, khsusunya di Bali, dimeriahkan dengan pawai Ogoh-ogoh yang dilaksanakan pada malam Pengrupukan. Ogoh-ogoh ini merupakan perwujudan dari Bhuta Kala yang diarak keliling lingkungan dan kemudian dibakar.
Puncaknya pada Hari Nyepi ( pada pinanggal sasih kedasa), Umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepian yaitu tidak berapi-api, tidak bekerja, tidak bepergian dan tidak mendengarkan hiburan.  Dan rangkaian terakhir dari Hari Raya Nyepi ini yaitu, Ngembak Gni, sehari setelah Hari Nyepi. Pada hari ini, Umat Hindu berkunjung ke rumah kerabat atau keluarga, saling maaf-memaafkan untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih. 

Ini nih beberapa jepretanku, 
sayangnya dapetnya waktu hari masih terang :(  









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sheila On 7 - Yang Terlewatkan

PENAMPILAN DIRI

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PEMERIKSAAN RUMPLE LEED (1)