Materi PKn SMA Kelas XI - Budaya Politik

Pengertian Budaya Politik
Budaya politik merupakan perwujudan nilai-nilai politik yang dianut oleh sekelompok masyarakat, bangsa dan negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan politik kenegaraan.

Macam-macam Budaya Politik
Budaya Politik Parokial (parochial political culture)
Tipe budaya politik yang orientasi politik individu dan masyarakatnya masih sangat rendah. Hanya terbatas pada satu wilayah atau lingkup yang kecil atau sempit.  Individu tidak mengharapkan apapun dari sistem politik. Tidak ada peranan politik yang bersifat khas dan berdiri sendiri. Biasanya terdapat pada masyarakat tradisional.
Budaya Politik Kaula (subject political culture)
Masyarakat dan individunya telah mempunyai perhatian dan minat terhadap sistem politik. Budaya politiknya sudah relatif maju (baik sosial maupun ekonominya, tapi masih bersifat pasif). Meski peran politik yang dilakukannya masih terbatas pada pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah dan menerima kebijakan tersebut dengan pasrah. Tidak ada keinginan untuk menilai, menelaah atau bahkan mengkritisi


Budaya Politik Partisipan (participant political culture)
Merupakan tipe budaya yang ideal. Pada tingkat ini budaya politik masyarakatnya sudah sangat tinggi terhadap kesadaran politiknya sendiri, sudah menjadi negara demokrasi.
Individu dan masyarakatnya telah mempunyai perhatian, kesadaran dan minat yang tinggi terhadap politik pemerintah. Individu dan masyarakatnya mampu memainkan peran politik baik dalam proses input (berupa pemberian dukungan atau tuntutan terhadap sistem politik) maupun dalam proses output (melaksanakan, menilai dan mengkritik terhadap kebijakan dan keputusan politik pemerintah).

Pandangan Gabriel Almond dan Sidney Verba
Menurut pendapat Gabriel Almond dan Sidney Verba, ketiga budaya politik di atas tervariasi ke dalam tiga bentuk, yaitu sebagai berikut.
Budaya politik subjek parokial
Budaya politik subjek partisipan
Budaya politik parokial partisipan
Penjelasan :
Budaya  Politik  Subjek  Parokial ( Parochial  Subject  Political  Culture )
Budaya politik yang sebagian besar telah menolak tuntutan masyarakat feodal atau kesukuan.
Telah mengembangkan kesetiaan terhadap sistem politik yang lebih komplek dengan stuktur pemerintah pusat yang bersifat khusus.
Cenderung menganut sistem pemerintahan sentralisasi.

Budaya  Politik  Subjek  Partisipan ( Participant  Subject  Political  Culture )
Sebagian besar masyarakatnya telah mempunyai orientasi input yang bersifat khusus dan serangkaian pribadi sebagai seorang aktivis.
Sementara sebagian kecil lainnya terus berorientasi kearah struktur pemerintahan yang otoriter dan secara relatif mempunyai serangkaian orientasi pribadi yang pasif. 

Budaya  Politik Parokial Partisipan ( Participant  Parochial  Political  Culture )
Berlaku di negara-negara berkembang yang yang masyarakatnya menganut budaya dalam stuktur politik parokial.
Tetapi untuk keselarasan  diperkenalkan norma-norma yang bersifat partisipan.

Budaya Politik yang Dianut oleh Indonesia
Dalam kenyataannya, sulit dijumpai masyarakat atau bangsa yang hanya berbudaya politik parokial, subjek atau partisipan.Seperti pandangan dari Gabriel Almond dan Sidney Verba, secara kenyataan, umumnya bangsa memiliki budaya politik campuran antara ketiganya. Begitu juga dengan Indonesia yang menganut budaya politik yang bersifat parokial-kaula di satu pihak dan budaya politik partisipan di pihak lain. Sikap ikatan primodalisme masih sangat mengakar dalam masyarakat Indonesia. Masih kuatnya paternalisme dalam budaya politik Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sheila On 7 - Yang Terlewatkan

PENAMPILAN DIRI

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PEMERIKSAAN RUMPLE LEED (1)